Rezeki Menurut Al Quran, Muslim Wajib Tau!!!




Rezeki Menurut Al Quran salah satunya terdapat dalam Qur'an Surat Ibrahim ayat 7 di atas, ternyata hal pertama dan utama kita harus bersyukur atas KaruniaNya karena kita hidup di dunia ini semuanya adalah pemberian. Rezeki diberi dan Anda  bersyukur dengan meneruskanya kepada orang lain sebagai contoh suami yang memberi nafkah kepada istrinya, orang tua yang memberi kepada anaknya. Dan jika Anda berfikir rezeki tidak milik kita sepenuhnya. Anda harus membeli beras untuk dimasak lalu dimakan, Anda harus membayar sewa kontrakan, Anda harus mengisi besnin untuk kendaraan Anda karena kita sebagai mahluk tidak luput dari bantuan orang lain

Pernah berfikir cicak makananya adalah nyamuk yang bisa terbang sedangnkan cicak tidak bisa terbang, Apakah Alloh SWT lantas tidak memberikan rezekinya. Semua sudah Adil sesuai dengan porsinya bukan menurut kita.

Bersabar dalam menggapai Karunia Alloh SWT dengan yang halal dan baik, karena kita sedikitpun banyak hal yang belum semua kita ketahui sebenarnya

Banyak manusia merasa khawatir dalam mencari karunia Allah Swt. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menggadai diri dan menghinakan martabat untuk meraihnya. Kondisi dunia modern yang penuh dengan  persaingan menuntut mereka untuk lebih keras dalam mencari nafkah. Betapa banyak didapati wajah-wajah penuh ketegangan dan kepanikan yang memancarkan rona khawatir dalam mengais rezeki di pagi hari. Seolah mereka tiada memiliki Tuhan yang Maha Kaya. Yaitu  Allah Ar-Rozzaq. Yang Mampu menjamin rezeki setiap hambaNya. Yang menjanjikan rejeki tanpa batas dan tanpa perhitungan kepada hamba-hambanya yang dikehendaki. Mereka lupa bahwa Allah Swt telah menjamin rezeki dan nafkah setiap hambaNya. Karena keyakinan ini semakin memudar, maka kadang berpengaruh pada tingkah laku kita sehari-hari.

Kebingungan apa yang masih Anda pikirkan? pernah berfikir kenapa rambut tumbuh panjang sedangkan alis tumbuh dengan proporsional, kemudian gigi yang hanya tumbuh dengan bagus, bisa Anda bayangkan jika harus menyukur gigi, tentu biayanya akan mahal. Hal apa lagi yang bisa keluhkan saat ini semua sudah sangat Adil sesuai ketentuan Alloh SWT

Ayat-ayat Al Qur'an tentang rejeki :

"Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas." (QS. Al Baqarah : 212 ).

Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu". Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.” ( QS. Al Baqarah : 60 )

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah." ( QS. Al Baqarah :172 )

"Dan tidakkah mereka memperhatikan bahwa Allah yang melapangkan rejeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan Dia (pula) yang membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki). Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang beriman. ( QR. Ar Rum : 37 )

Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)" (QS. Al Imron : 27 )

Tetapi ingat, kalaupun Allah membatasi rejeki seseorang, itupun ada alasannya. lihat QS : Asy-syua'ra : 27
" Dan sekiranya Allah melapangkan rejeki kepada hamba-hamba-Nya niscaya mereka akan berbuat melampaui batas di muka bumi, tetapi Dia menurunkan dengan ukuran yang dia kehendaki. Sungguh, Dia maha teliti terhadap (keadaan) hamba-hamba-Nya, Maha Melihat".

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang lainnya. Silahkan dicari sendiri.

Jika Anda masih bertanya tentang rezeki menururt Alqur'an sebagai petunjuk jalan yang lurus. Alloh SWT sangat adil yaitu menciptakan perut dan isinya